Rabu, 16 April 2014

Manfaat Teh Untuk Kesehatan


Manfaat Teh Untuk Kesehatan

Sejak dulu teh memang terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, selain dapat memberikan kesegaran kepada tubuh, ternyata mempunyai banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia.Teh dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, diseduh dengan air panas atau ditambah dengan es bahkan ada jenis daun teh yang dapat dimakan. Berikut ini adalah beberapa manfaat teh buat kesehatan tubuh kita.

1. Memperkuat Gigi dan Mencegah Karies pada Gigi
Kandungan flour dalm teh bisa membantu pertumbuhan gigi pada anak-anak. Selain itu unsur flour memiliki fungsi meningkatkan daya tahan gigi terhadap asam karena flourida dapat mengurangi difusi asam pada email gigi.

2. Mencegah Kanker
Mencegah risiko terjadinya penyakit kanker. Polyphenol yang terdapat dalam teh hijau merupakan antioksidan paling potensial. Di mana dia mencegah penyebaran dan pertumbuhan sel kanker dalam darah.

3. Mencegah Tekanan Darah Tinggi
Teh memiliki kandungan epigallocatechin dan epicatechin yang merupakan beberapa varian dari catechin. Catechin yang terkandung dalam teh tersebut akan sangat baik untuk mencegah tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam darah dan juga dapat meningkal radikal bebas. Selain itu, catechin juga dapat mengurangi resiko untuk terserang penyakit kardiovascular.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Ekstrak teh hijau dapat meningkatkan pembakaran kalori oleh tubuh. hal Ini tentunya dapat mengurangi lemak darah, kolesterol, kembung, mendetoksifikasi tubuh serta menekan nafsu makan sebelum waktunya.

5. Menjaga Kesehatan Jantung
Vitamin C yang dikandungnya berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dalam darah berperan membantu kesehatan jantung dan diperlukan juga untuk ketahanan tubuh manusia terhadap penyakit. Disamping itu teh mengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU untuk 1 cangkir teh, yang merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.

6. Perawatan Kulit
Teh ini merupakan antiseptik alami untuk mengatasi gatal dan bengkak-bengkak. Taruh sejumput teh hijau pada kulit yang mengalami radang, terbakar sinar matahari, noda kehitaman maupun di kelopak mata, dan rasakan kesejukannya.

7. Mengurangi Resiko Keracunan Makanan
Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan di Jepang dan Taiwan, unsur Catechin yang ada pada teh telah terbukti sangat memiliki kemampuan untuk menghentikan pertumbuhan beberapa bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

8. Menjaga Kesehatan hati
Studi klinis menunjukkan bahwa teh hijau dapat menjaga kesehatan hati secara keseluruhan. Penelitian terhadap hewan juga menunjukkan bahwa teh hijau dapat melindungi hati dari efek negatif yang ditimbulkan oleh zat beracun seperti alkohol. Teh hijau juga masuk dalam daftar makanan yang dapat membersihkan hati.

9. Mencegah Diabetes
Berdasarkan hasil sebuah studi, senyawa yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu para penderita diabetes untuk memproses gula lebih baik lagi, sehingga khasiat teh akan sangat baik untuk membantu orang dengan diabetes tipe 2.

10. Menjaga Daya Ingat
Teh ternyata bisa menjaga penurunan fungsi otak. Mereka yang minum dua gelas sehari terhindar dari masalah kognitif dibanding mereka yang jarang meminumnya. Teh ini mengandung antioksidan tinggi yang bisa melawan radikal bebas yang menyerang otak, penyebab penyakit Alzheimer dan Parkinson.

11. Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Saraf
Polifenol dalam teh hijau dapat membantu menjaga bagian otak yang mengatur daya ingat. Jadi, konsumsi rutin teh hijau dapat membantu dalam pencegahan penyakit degeneratif dan neurologis seperti Alzheimer dan Parkinson.

12. Menurunkan Kadar Kolesterol
Teh memiliki kandungan epigallocatechin dan epicatechin yang merupakan beberapa varian dari catechin. Catechin yang terkandung dalam teh tersebut akan sangat baik untuk mencegah tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol yang ada dalam darah dan juga dapat meningkal radikal bebas. Selain itu, catechin juga dapat mengurangi resiko untuk terserang penyakit kardiovascular.

13. Meningkatkan Stamina
Teh dapat bertindak sebagai pendongkrak stamina untuk menghidupkan kembali anda ketika Anda merasa lesu selama musim dingin. Hal ini juga membantu untuk meningkatkan konsentrasi Anda, memori jangka pendek dan bahkan dapat mengurangi tingkat kelelahan Anda.

Semoga saja khasiat teh ini akan sangat bermanfaat untuk siapapun yang membacanya, dan terima kasih telah membaca ulasan mengenai khasiat teh.

Artikel Terkait