Senin, 13 Januari 2014

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami


Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Gigi yang kuning dan tanpak berwarna pudar disebabkan banyak faktor terutama masalah gaya hidup tidak sehat. Merawat gigi ternyata tidak hanya dapat dilakukan dengan cara seperti menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi yang bermerk, tapi kita juga harus dapat menghindari kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan gigi anda menjadi kuning. Bagi sebagian orang, mereka tidak merasa cocok untuk menggunakan produk pemutih gigi. Mereka sering merasa sakit ketika menggunakannya. Daripada memaksakan penggunaan pemutih, beralihlah ke cara-cara tradisional untuk memutihkan gigi. Untuk mengatasi gigi kuning, kita bisa memakai beberapa cara dan bahan alami seperti yang di jelaskan dibawah ini.

1.Memutihkan Gigi dengan Memakai Siwak
Merawat gigi juga dapat dilakukan dengan menggunakan Siwak atau miswak adalah dahan atau akar pohon yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Cara ini sudah dilakukan kaum muslim sejak jaman dahulu untuk menjaga kebersihan dan kekuatan gigi. Semua dahan atau akar pohon bisa digunakan untuk bersiwak jika memenuhi syarat yaitu lembut dan harus terjaga kebersihannya.

2.Memutihkan Gigi dengan Strawberi
Kandungan asam malat dalam stroberi berkhasiat untuk mengubah warna gigi menjadi lebih putih. seorang dokter gigi di New York menjelaskan bahwa stroberi merupakan cara murah untuk mencerahkan senyum Anda. Namun, jangan gunakan terlalu sering, kandungan asam dapat merusak enamel gigi. Caranya, tumbuk satu stroberi matang dan gosokkan pada gigi. Diamkan selama lima sampai 10 menit. Kemudian sikatlah gigi dengan pasta gigi.

3.Mengunyah Permen Karet
Mengunyah permen karet juga bisa menjadi kebiasaan yang dapat membuat gigi kita menjadi putih. tentu tidaklah sembarangan permen karet tetapi hanya beberapa jenis permen karet yang didalamnya mengandung Xylitol.

4.Memutihkan Gigi dengan Memakai Arang Kayu
Cara ini memang termasuk cara yang tradisional namun ampuh menghilangkan warna kuning. Tapi Anda juga harus berhati-hati dalam memakai arang kayu, penggunaan secara berlebih dapat merusak email gigi dan menyebabkan rasa sakit pada gigi. Jadi lakukan sewajarnya saja.

5.Memutihkan Gigi dengan Keju
Satulagi makanan yang bermanfaat untuk gigi yaitu keju. Makan keju setelah makan besar sangat baik untuk gigi. Keju dan produk lain seperti yoghurt dan susu mengandung kalsium yang dapat memutihkan dan memperkuat gigi.

6.Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Alami
Untuk membuat pasta gigi tradisional terlebih dahulu kita sediakan daun salam serta kulit jeruk kemudian jemur keduanya sampai kering. Tumbuk hingga halus lalu tambahkan air dan aduk sampai berbentuk pasta. Gunakan pasta gigi alami yang sudah anda buat untuk menggosok gigi, ramuan ini ampuh membuat gigi terlihat lebih putih.

7.Memutihkan Gigi dengan Kulit Jeruk
Kulit jeruk dapat kita gunakan untuk merawat gigi. Gunakan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih untuk menggosok gigi kuning anda. Lakukan secara teratur setiap hari dan gigi akan menjadi putih secara alami dan cepat. Hati-hati bagi anda yang memiliki gigi sensitif, kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya tidak cocok untuk jenis gigi anda.

8.Memutihkan Gigi Dengan Apel
Buah Apel bisa bekerja seperti sikat gigi alami dan dapat digunakan sebagai pemutih gigi. Saat kita mengunyah Apel maka Gigi akan bergesekan dengannya dan bisa untuk mengangkat noda tanpa merusak gigi. Makanlah buah-buahan dan sayuran setelah makan besar.

9.Memutihkan Gigi dengan Lemon dan Garam
Buatlah pasta gigi yang dibuat dari bahan alami yaitu dari jus lemon yang ditambah sedikit garam. Pasta gigi alami yang satu ini dipercaya membantu memutihkan gigi Anda. Tapi ingat jangan terlalu sering, karena garam dapat merusak lapisan gigi.

10.Memutihkan Gigi dengan Berhenti Merokok
Seperti yang kita tau, merokok adalah kebiasaan yang sangat buruk yang merugikan kesehatan kita. salah satu penyebab gigi kuning adalah rokok, jadi jika ingin memiliki warna gigi yang putih, maka kita harus berhenti merokok.

11.Memutihkan Gigi dengan Baking Soda
Baking soda mampu menghilangkan noda-noda yang ada pada gigi, namun jika terlalu sering digunakan baking soda justru akan merusak lapisan alami gigi oleh karena itu gunakanlah baking soda untuk memutihkan gigi maksimal 1 atau 2 kali dalam sebulan. Memutihkan gigi dengan cara yang satu ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengoleskan baking soda ke seluruh permukaan gigi dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu sikatlah gigi anda dengan pasta gigi sampai bersih.

12.Memutihkan Gigi dengan Menggosok Gigi
Menggosk gigi adalah satu cara untuk menjaga kebersihan gigi dari sisa-sisa makanan yang kita makan. Gosok gigi sebelum tidur sangat berperan penting dalam membuat gigi kita bersih dan putih, karena kita akan membersihkan zat-zat perusak gigi yang nempel digigi saat kita makan.

13.Memutihkan Gigi dengan menggunakan Biji Buah Pinang
Biji buah pinang diyakini oleh masayarakat dulu dapat membantu untuk memutihkan gigi. Caranya yaitu dengan membakar biji buah pinang hingga hangus lalu dihaluskan hingga lembut. Lalu gosokan biji buah pinang yang telah halus tersebut ke gigi kita dengan menggunakan sabut pinang atau kain katun. Lakukan 2 minggu sekali. Dan tunggu hasilnya. Oh iya, selain dapat memutihkan gigi, biji pinang juga dapat memperkuat gigi.

14.Memutihkan Gigi dengan Mengonsumsi Produk Susu
Beberapa produk susu yang terjual di pasaran seperti keju atau jenis makanan lain (yogurt) yang mengandung kalsium yang tinggi akan sangat baik dikonsumsi untuk membantu memutihkan dan menguatkan gigi kita. Jadi perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi terutama susu.

15.Memutihkan Gigi dengan Cara Hindari Alkohol
Alkohol adalah zat yang sangat berbahaya juga. zat ini bisa membuat bau mulut dan masalah kesehatan lainnya salah satunya kesehatan gigi. Alkohol memiliki sifat merusak gigi jika dikonsumsi secara terus menerus.

16.Memutihkan Gigi dengan Cara Berkumur Setelah makan
Berkumur setelah makan atau jika perlu gosok gigi setelah makan dapat membantu kita dari gigi kuning karena ada beberapa zat yang terkandung dalam makanan yang bisa saja tersisa di gigi kita dan menyebabkan gigi kuning. Tapi jika kita rajin berkumur setelah makan, maka sisa2 makanan yang berbahaya untuk gigi bisa kita minimalisir.

17.Memutihkan Gigi dengan Cara Rajin Ke Dokter Gigi
Salah satu cara jika kita sudah terlanjur memiliki gigi kuning adalah pergi ke dokter gigi agar diberikan perawatan pada gigi kita. Perlu diketahui bahwa beda orang kadang memeiliki sifat Gigi yang berbeda sehingga biar Ahli gigi yang akan menuntaskan masalah kita.


  • Diambil dari beberapa sumber

Artikel Terkait