Kamis, 17 Juli 2014

Macam - Macam Makanan Pelancar Asi

Makanan Pelancar Asi

Air Susu Ibu (ASI) merupakan sumber gizi yang sangat ideal dengan komposisi yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan bayi, karena ASI adalah makanan bayi yang paling sempurna baik secara kualitas maupun kuantitas. Banyak ibu baru yang sering merasa kesulitan saat awal-awal harus memberikan ASI untuk bayi mereka. Bahkan tak sedikit para ibu yang ASInya tidak bisa langsung keluar setelah melahirkan. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah berkurangnya produksi ASI para ibu menyusui membutuhkan asupan makanan yang mengandung zat vitamin dan protein yang dapat merangsang dan meningkatkan mutu produksi ASI. Berikut beberapa makanan yang dapat melancarkan asi :

1. Semangka
Semangka mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, dan fosfor. Baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin A ibu menyusui.

2. Pare atau paria
Pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan anti oksidan. Pare memiliki khasiat yang sangat manjur untuk mengentalkan dan memperbanyak produksi ASI, sehingga bayi akan mudah kenyang.

3. Pepaya
Pepaya mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, karbohidrat, dan papain. Baik untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui.

4. Daun katuk
Daun katuk memiliki kandungan vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna. Ibu menyusui yang banyak mengkonsumsi daun katuk, ASInya akan berlimpah dan kental.

5. Kacang hijau
Kaya protein, tiamin (vitamin B1), zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan mangan. Kacang hijau juga sumber asam folat tapi rendah kandungan natrium, lemak jenuh dan sama sekali tidak mengandung kolesterol. Baik untuk sumber protein nabati. Tiamin atau vitamin B1 mengubah karbohidarat menjadi energi karena ibu menyusui butuh energi lebih besar dibanding saat hamil.

6. Almond
Almond mengandung banyak kalsium yang sangat baik bagi Anda yang sedang menyusui. Almond juga sangat tinggi kalori dan tidak menyebabkan iritasi pada anak-anak, dan melancarkan asi.

7. Jambu Air
Kaya vitamin A, C, kalsium, fosfor, dan zat besi. baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang meningkatkan fungsi otot dan saraf, serta vitamin A yang berguna untuk melindungi sistem kekebalan tubuh bayi dan meningkatkan ketahanannya terhadap infeksi.

8. Bayam
Bayam Megandung vitamin A, B6, C, E, K, asam folat, riboflavin, fosfor, kalium, protein, zat besi, karoten, dan thiamin yang sangat baik untuk kekebalan tubuh bayi.

9. Labu siam
Kaya asam folat, vitamin C dan K, seng (zinc) dan mangan. Labu siam juga sumber vitamin B6, magnesium dan kalium. Baik untuk memenuhi kebutuhan asam folat.

Itulah beberapa makanan yang dapat memperlancar asi, buat ibu - ibu yang sedang menyusui semoga bermanfaat.

Artikel Terkait