Jumat, 17 Januari 2014

Tempat Wisata Di Lombok : Pesona Wisata Pulau Lombok

Tempat Wisata Di Lombok Pesona Wisata Pulau Lombok

Pulau Lombok memiliki lokasi geografis di Asia Tenggara Koordinat 8.565° S 116.351° E Gugusan Pulau-pulau Kepulauan Kecil Sunda. Luas pulau 4,725 km². Tempat tertinggi adalah Rinjani (3,726 m). Pulau Lombok menjadi bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Ibu kota provinsi, Mataram ada dipulau ini. Pulau Lombok mempunyai pesona tersendiri sebagai tempat wisata yang menarik dan unik. Tempat wisata di Lombok tidak kalah menarik dan indah dari Pulau Bali.
Adapun beberapa tempat dan objek wisata di Lombok yang wajib anda kunjungi ketika berlibur ke lombok, diantaranya :

1.Pantai Senggigi

pantai senggigi

Pantai senggigi yang panjangnya 30 Km, yang terletak di sebelah utara kota ampenan, oleh karena lokasinya yang dekat dengan pelabuhan udara dan pelabuhan laut, senggigi merupakan pusat daerah wisata pantai dengan kemewahan hotel bintang, restoran, dan tempat - tempat hiburan yang menarik. Semakin ke utara, pemandangan mulai berubah pantainya menjadi semakin putih dan jejeran pohon kelapa yang menghiasi sepanjang pantai, di sana sini terlihat hotel berbintang maupun butik. Sedangkan dari pantai senggigi sejauh mata memandang kita dapat melihat bali, suatu yang special di pandai senggigi adalah keindahan matahari terbenamnya. Pantai senggigi dengan karang lautnya merupakan tempat tinggal beraneka ragam kehidupan laut dan karangnya yang idah sangat cocok untuk olah raga air.

2.Pantai Kuta / Tanjung Aan
pantai kuta

Pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak sebuah desa bernama Desa Kuta. Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di Indonesia sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru. Selain keindahan alam yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun diadakan upacara Sasak di desa ini. Ini adalah upacara Bau Nyale.

3.Taman Nasional Gunung Rinjani
taman nasional gunung rinjani

Salah satu ekosistem dengan tipe hutan hujan pegunungan dan savana yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. TNGR ditetapkan sebagai kawasan Taman Nasional melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan No.280/Kpts-II/1997 dengan luas 40.000hA walaupun dilapangan luasnya lebih dari 41,000hA.

4.Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno.
tiga gili

KETIGA pulau mungil yang berada di tengah lautan itu memiliki perbedaan karakteristik yang unik. Masing-masing punya suasana alam dan ciri khas tersendiri. Bahkan, akhirnya perbedaan itu seakan memilah wisatawan sesuai dengan minat, sifat, dan kepribadiannya.
Gili Trawangan merupakan pulau terbesar, teramai sekaligus terjauh dari pulau utama Lombok. Kebanyakan wisatawan yang mengunjunginya terdiri dari orang-orang yang berjiwa muda dan penuh semangat. Di musim liburan, hampir sepanjang malam diadakan pesta yang hingar bingar dengan alunan musik.
Gili Meno yang terletak di tengah-tengah antara Gili Trawangan dan Gili Air, lebih sesuai bagi wisatawan yang mengidamkan relaksasi di tengah kesunyian. Pengunjung benar-benar disuguhi nuansa alami pantai tropis yang tenang. Pepohonan bakau masih terlihat merimpun di sepanjang pesisir pantainya.
Lain lagi dengan suasana yang tercipta di Gili Air. Pulau yang terdekat dari Lombok ini lebih sesuai bagi wisatawan yang berlibur bersama keluarga. Dihuni penduduk lokal paling banyak, pulau ini lebih menawarkan suasana pantai yang tidak ramai namun tidak terlalu sepi.

5.Hutan Monyet Pusuk
hutan monyet

Pusuk yang berarti puncak, bagian kawasan Hutan Rinjani, Lombok, adalah tempat persinggahan bagi turis, baik asing maupun domestik, menuju beberapa obyek wisata di Lombok Barat bagian utara, seperti Gili Air, Gili Meno, dan Gili Terawangan, Kecamatan Pemenang.

6.Taman Narmada
taman narmada

Taman Narmada adalah taman air yang merupakan replika Gunung Rinjani dan danau Segara Anak. Taman ini termasuk salah satu tempat yang dikeramatkan oleh masyarakat Lombok, Taman yang dibangun oleh Raja Anak Agung Gde Ngurah Karang Asem pada tahun 1727 bertujuan agar dapat berziarah dan beribadah tanpa harus berjalan ke Puncak Gunung Rinjani.

7.Air Terjun Sendanggile
air terjun sendanggile

Air terjun Sendang Gile merupakan air terjun paling terkenal di Lombok. Lokasinya berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Untuk menuju air terjunnya, Anda harus trekking sekitar 15 menit. Pepohonan yang rimbun bakal membuat nuansa alami makin berasa. Tinggi air terjunnya sekitar 30 meter dan jatuh dengan deras. Tak sedikit wisatawan yang bermain air di sana. Derasnya air terjun ini bakal membuat pikiran menjadi rileks.

8.Gili Sundak
gili sundak

Gili Sundak terletak di bagian selatan Kabupaten Lombok Barat, tepatnya dekat Pelabuhan Lembar. Gili ini merupakan tempat wisata yang belum terjamah keaslian alamnya oleh kendaraan bermotor maupun cidomo. Gili Sundak masih berada di gugusan gili wilayah selatan berjajar, dengan Gili Nangu dan Gili Tangkong.

9.Sire Beach
sire beach

Sire adalah sebuah pantai yang memikat dengan lembah yang menawan, air yang jernih dan hamparan pasir putih yang luas. Pantai ini terletak sekitar 35 km dari pusat kota mataram.

10.Batu Bolong
<batu bolong

Terdapat pura diatas batu karang yang menjorok ke laut, dan jika cuaca cerah bisa melihat gunung Agung di pulau Bali, serta bagus untuk melihat pemandangan saat sunset. Pemandangan disini indah sekali, air laut menerobos melalui sela-sela batu karang yang berlubang, menimbulkan bunyi gemerosak.

11.Lembah Hijau
lembah hijau

Lembah Hijau terletak di Desa Ijobalit kecamatan Labuhan Haji sekitar 7 km arah Timur kota Selong, Lombok Timur. Di Lembah hijau ini terdapat beberapa berugak yang merupakan tempat untuk bersantai menikmati kehijauan alam yang mempesona memukau menyejukkan hati. Kehijauan kolam renang berukuran besar yang dikelilingi pepohonan yang berbaris mengelilingi kolam renang. Tidak hanya itu di tempat ini juga terdapat warni – warni bunga yang menghiasinya. Merupakan tempat yang romantis untuk berlibur bersama sang pujaan hati.

12.Sembalun (Pemandangan Eksotis dari Sembalun)
Sembalun

Sembalun merupakan sebuah desa yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Dengan berkunjung ke desa ini anda bisa mendapatkan beberapa hal baru yang akan membuat warna baru dalam hidup anda.

13.Pantai Surga
pantai surga

Merupakan salah satu kawasan pantai yang berada satu jalur dengan kawasan pantai Ekas. Pantai ini mempunyai Panorama alam yang mempesona, dengan kawasan pantai berpasir putih dengan granular pasir seukuran biji merica. Dengan kondisi dan panorama alam yang cukup menarik maka pantai surga mempunyai potensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Selain potensi alam kawasan Pantai ini memiliki Potensi ekonomi unggulan yaitu budidaya Mutiara dan rumput laut.

14.Praya
praya

Kota di sebelah selatan Lombok ini merupakan tujuan kedua setelah Mataram. Di sana banyak terdapat bangunan kuno peninggalan Belanda. Sedikit di luar kota, Anda dapat mengunjungi pusat kerajinan tanah liat di Penujak, rumah Sasak di Sade, dan rumah tradisional di Rembitan. Di dekat Rembitan terdapat Masjid Kuno.

15.Tetebatu
tete batu

Tete Batu merupakan objek wisata yang berada pada ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Dengan pemandangan dan suasana udara di pedesaan, anda dapat mengenal dan mengetahui bagaimana kehidupan penduduk desa di Tete Batu ini.

Itulah beberapa tujuan wisata di pulau lombok yang kami rekomendasikan untuk Anda semua semoga menjadi acuan untuk Anda dalam memilih tempat liburan yang pas bersama keluarga. :-):-):-)

*dikutip dari berbagai sumber

Artikel Terkait