Kamis, 30 Januari 2014

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan


Minyak Zaitun

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

Minyak Zaitun atau dikenal juga dengan nama Olive Oil merupakan minyak nabati yang berasal dari ekstrak buah zaitun. Buah zaitun sendiri berasal dari pohon zaitun, yang memiliki nama latin Olea europaea. Tumbuhan ini masuk ke dalam famili Oleaceae.

Minyak Zaitun dipercaya berkhasiat bagi kecantikan. Minyak zaitun mampu melembutkan kulit wajah, mempertahankan keindahan kulit tubuh, dan berguna bagi keindahan rambut. Berikut ini adalah cara menggunakan minyak zaitun agar memberi hasil optimal bagi kecantikan Anda:

1. Minyak Zaitun Sebagai Pelembab Wajah
Minyak Zaitun mengandung zat linoleic acid yang mampu menjaga penguapan air. Zat ini sangat baik untuk digunakan sebagai pelembab kulit yang kering atau kulit yang mulai berkeriput. Caranya hanya dengan mengoleskan minyak zaitun pada wajah sambil dipijat ringan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

2. Minyak Zaitun sebagai Penyubur Rambut
Bagi yang memiliki keluhan rambut, terutama rambut yang rontok dan tipis, bisa menggunakan minyak zaitun sebagai solusinya. Minyak zaitun mampu menyuburkan rambut, sehingga rambut menjadi lebih lebat dan lebih hitam kemilau. Caranya ketika anda keramas dicampurkan minyak zaitun dengan shampo yang anda pakai, setelah itu dibilas sampai bersih.

3. Minyak Zaitun Untuk Merawat Kaki
Massage minyak zaitun pada telapak kaki yang pecah-pecah dan kering. Kenakan kaus kaki kemudian bawa tidur. Keesokan harinya Anda akan menemukan rasa halus dan perbaikan kulit di telapak kaki (apabila dilakukan secara rutin.)

4. Minyak Zaitun untuk Merawat Kulit Tubuh
Mencampur minyak zaitun dengan garam kasar juga bisa dilakukan untuk menciptakan scrub alami. Selain membantu pengelupasan sel-sel mati, pemakaian minyak zaitun pada tubuh bisa membuat kulit lebih cerah. Gwyneth Paltrow merupakan salah satu bintang yang menjaga kesehatan kulit dengan cara ini.

5. Minyak Zaitun untuk Merawat Tangan dan Kuku
Campurkan satu sendok makan minyak zaitun ke dalam air hangat untuk merendam tangan, lakukan minimal seminggu sekali. Sengan cara ini akan membuat kulit tangan dan kuku terasa lebih lembut.

6. Minyak Zaitun untuk Mempercantik dan Melangsingkan Tubuh
Hasil riset yang dimuat di The British Journal of Nutrition menyebutkan, penggunaan minyak zaitun untuk menggantikan minyak jenuh selama empat minggu, tanpa mengubah pola makan, mampu mengurangi berat badan hingga 2-3 kg. Penelitian lain menyebutkan, minyak zaitun dapat memecah sel adiposit penyebab obesitas. Extra virgin olive oil direkomendasikan untuk menggantikan diet minyak lemak jenuh yang sering dikonsumsi.

Demikian manfaat minyak zaitun yang dapat kita gunakan untuk kecantikan dan perawatan tubuh, dari rambut hingga kaki. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait