Rabu, 08 Januari 2014

Tips Kesehatan Kulit Wajah

Seiring dengan bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan pada wajah pun menjadi problem yang kerap dikeluhkan banyak wanita. Namun, jika Anda rajin merawat kulit dengan produk yang tepat, Anda bisa menikmati kulit yang senantiasa kencang dan sehat.

Menjaga kesehatan kulit penting untuk dilakukan karena peranan kulit sebagai salah satu panca indra yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sebagai indra peraba, kulit terdiri dari saraf-saraf yang akan menghubungkan pada sistem syaraf pusat yang akan mengolah informasi yang akan diberikan pada anggota tubuh lain.

Kulit yang sehat mampu memancarkan efek positif pada lingkungan sekitar. Tidak mudah memang mendapatkan kulit sehat yang didambakan, namun kita bisa memulainya sedini mungkin dari sekarang.

Inilah beberapa tips kesehatan kulit wajah bagi Anda yang berkulit kering, untuk menjaga kesegaran dan kelembapan kulit, lakukan beberapa hal berikut ini:

1. Pilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. sebaiknya Anda mencoba produk terlebih dahulu. Hindari area kulit wajah, sapukan produk sedikit di sisi leher agar dapat ditutupi dengan rambut jika mengalami reaksi. Apabila telah melewati tes selama 3 hari, berarti Anda dapat melanjutkan produk tersebut. Apabila produk memiliki kandungan yang mudah menyebabkan iritasi seperti retinol atau alpha hydroxy acids tetap menggunakan pembersih dasar tanpa antioksidan dan tidak menyebabkan pengelupasan.

2. Gunakan pelembap yang mengandung SPF dan UV filter untuk kegiatan sehari-hari, apalagi bagi Anda yang sering melakukan pekerjaan di luar ruangan Biasakan juga menggunakan topi dan kacamata hitam.

3. Untuk perawatan kulit di malam hari, gunakan lotion yang memiliki kandungan retinol. Apabila kulit menjadi kemerahan, baurkan pelembab terlebih dahulu dan aplikasikan saat kulit dalam keadaan kering.

4. Biasakan mandi minimal dua kali dalam sehari, biasakan ketika sesudah mandi untuk mengurangi gosokan handuk ke kulit. Cukup dengan hanya menepuk-nepukkan saja, karena gosokan handuk ke kulit hanya akan menyebabkan iritasi.

5. Sesudah mandi, biasakan mengoleskan pelembap pada kulit. Karena, ketika mandi, pori kita terbuka sehingga pelembap bisa menyerap ke dalam kulit, dan kulit tetap terjaga kelembapannya. Selain krim, bisa juga dengan minyak. Hindari krim yang mudah kering karena berarti mengandung lebih banyak air, hindari juga krim yang mengandung alkohol.

6. Tidur yang cukup. Tidur yang tidak cukup membuat kulit tidak segar dan tidak sehat, biasakan tidur 6 sampai 8 jam sehari.

7. Lakukan olahraga cukup, minimal tiga kali dalam seminggu. Olahraga yang teratur membuat tubuh sehat dan menjaga badan dan kulit tetap fit.

Itulah beberapa tips kesehatan kulit wajah agar tetap sehat dan terlihat lebih segar berseri. Semoga bermanfaat^_^

*dikutip dari berbagai sumber

Artikel Terkait