Jumat, 10 Januari 2014

Cara Agar Tidak Mudah Ngantuk Saat Di Kantor

Halo sobat!!!sebagai pekerja kantoran seringkali rasa ngantuk saat di kantor 'menyerang' sehingga dan mengganggu produktivitas kerja kita. Rasa kantuk semakin mengganggu apabila datang di tengah-tengah rapat penting, rasa kantuk juga membuat konsentrasi kita menurun.

Jika Anda sering mengalami rasa ngantuk yang berlebih saat di kantor mungkin tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa tips ini agar tetap segar saat di kantor:

1. Tidur Lebih Awal
Tak sedikit orang merasakan rasa kantuk di tempat kerja karena beberapa alasan. Menurut para ahli, kebanyakan karyawan mulai mengantuk di kantor pada siang menjelang sore. Biasanya hal tersebut terjadi karena kurangnya tidur atau kebiasaan tidur yang buruk di malam harinya. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk istirahat di malam hari secara teratur. Dengan begitu Anda dapat tidur nyenyak dan bangun dengan perasaan segar di keesokan paginya.

2. Jeda & Relaks
Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam untuk bekerja di belakang meja, sebaiknya sering-seringlah mengambil waktu luang sedikit untuk jalan ke pantry, toilet atau ke meja rekan kerja yang lainnya. Hal ini agar membuat Anda menjadi lebih relaks, serta menghindari rasa kantuk.

Pada saat makan siang, Anda juga bisa mengambil waktu sekitar 10 menit untuk berjalan kaki di sekitar kantor. Misalnya ke mini market yang berada di dekat kantor atau sekadar ke kantin. Ini akan membuat Anda merasa lebih segar.

3. Power Nap
Memejamkan mata sejenak di tempat kerja juga bisa dilakukan. Namun, pastikan Anda melakukannya selama waktu istirahat. Kekuatan tidur siang selama 10 hingga 15 menit dapat membuat semangat bekerja bangkit kembali.

4. Jangan Menatap Monitor Terlalu Lama
Selain itu, hindarilah melihat layar komputer selama berjam-jam tanpa istirahat apapun. Hal tersebut dapat menyebabkan kelelahan pada mata dan rasa kantuk jadi semakin memburuk. Penting untuk Anda menghindari layar komputer sesaat secara teratur untuk bersantai dan mengistirahatkan mata.

5. Jangan Makan Terlalu Banyak
Saat makan siang, ambillah makanan secukupnya. Tidak kurang dan tidak lebih. Perbanyak sayur mayur dan buah-buahan, kurangi makan nasi karena karbohidrat sederhana akan menaikkan gula darah tapi juga cepat menurunkannya. Akibatnya tubuh jadi lemas dan mudah ngantuk.

Itulah beberapa cara agar tidak mudah ngantuk dan kembali segar saat di kantor seperti yang dikutip dari wolipop.com. Semoga bermanfaat^_^.

Artikel Terkait